Pancasila dan Rasa Kebangsaan

special doc.


1 Juni, banyak yang menyebut tanggal ini adalah tanggal sakti karena lahirnya Dasar Negara Republik Indonesia yakni Pancasila. Bagaimana sebenarnya 'posisi' Pancasila masa kini? Redaksi huheha.net mencoba mengambil dua pendapat dari member HuHeHa Community. Berikut petikannya.


"UNTUNG KITA PUNYA PANCASILA"

Dalam bernegara
di masa lalu
saat baru merdeka
banyak bencana
melukai sesama
berebut kuasa
banyak cedera

namun,
kita beruntung
sebagian kita
masih ada nilai

nilai bersama
yaitu Pancasila

rumah bersama
yaitu Pancasila

menyelamatkan
kita semua.

Indonesia
masih ada. 👏😄😍



Dalam kehidupan pribadi
mulai anak-anak
masa remaja
masa dewasa
masa tua
banyak peristiwa,
suka duka
jatuh bangun
jatuh bangkit
bisa optimis
bisa bahagia
bisa berkarya
kok bisa? 😄
karena apa ...

ada nilai kuasa
ada Pancasila
di dada
yang ditanam
oleh guru saya
guru SD saya
guru SMP saya
guru SMA saya
guru bangsa saya

tertanam dalam
di dada
kuasa luar biasa
Pancasila luar biasa pengaruhnya dalam kehidupan saya.

1Juni 1945
itulah hari kelahirannya
dipersembahkan oleh Bung Karno
untuk kita semua bangsa Indonesia
untuk hidup bermartabat
baik sebagai pedoman hidup pribadi
maupun untuk hidup bernegara.

Terima kasih pahlawan.

Bandung 1Juni 2016, saya yang berbahagia di hari tua berkat Pancasila. (MIRANTO)

... tanpa Pancasila – bangsa kita kemungkinan akan lebih tak bersusila lagi, buktinya masih ber-pancasila saja makin garang berkorupsi di segala lini.

Pertanyaannya kapan sebenarnya Pancasila sebagai way of life dengan penuh konsekwen nan berdedikasi – kembali pada pribadi insan yang mengaku sebagai orang Indonesia yang ber-Pancasila ... kapan ya ...??!!! (Iwang. S)

Masihkah Pancasila ada dalam perilaku berbangsa dan bernegara kita sehari-hari? Mari mengintrospeksi diri kita yang hidup dan dihidupi Negara Indonesia yang ber-Pancasila.



| huheha.net / *pa




*

whatsapp group Human Healthy Happy

hu he ha © 2016 HuHeHa Community